Sabtu, 31 Januari 2015

Berbagai Jenis Jeruk dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jeruk merupakan buah khas Indonesia yang cukup digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, rasanya yang khas juga harganya yang lumayan ekonomis membuat buah yang satu ini menjadi buah kegemaran masyarakat dari berbagai kalangan. Buah jeruk sebenarnya tidak hanya satu jenis, namun terdiri dari berbagai jenis, pohon jeruk juga termasuk pohon yang memilki daya adaptasi yang bagus, sehingga bisa ditanam di berbagai jenis tanah, namun tentu saja jenis tanah yang lembab dan kaya air amat bagus untuk tumbuh tanam pohon jeruk ini, menarik memang ketika anda melihat sebuah pohon jeruk dengan buah-buahnya yang ranum, sungguh menggoda hati. Kali ini blog informasi kesehatan akan membahas tentang berbagai jenis jeruk dan manfaatnya bagi kesehatan.
Berbagai Jenis Jeruk dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jeruk Nipis

Jenis jeruk yang satu ini memang banyak dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga sebagai bahan bumbu dapur, juga sebagai penyegar, sebagai bahan untuk pembuatan asam sitrat dan sebagai bahan untuk membersihkan alat makan yang kotor. Namun tahukah anda bahwa di samping manfaat di atas ternyata jeruk nipis juga mempunyai kegunaan dan manfaat lain yang cukup berguna, berikut ulasannya.

Manfaatnya Sebagai Penurun Berat Badan

Para pakar diet sering merekomendasikan walau hanya segelas jeruk nipis terutama di pagi hari, mulailah hari anda dengan meminum segelas air dengan campuran jeruk nipis dan gula, pakar diet mengatakan hal ini bagus untuk menurunkan berat badan dan menyegarkan hari-hari anda.

Sebagai Anti Oksidan Alami

Jeruk nipis mengandung banyak sekali uncur vitamin terutama vitamin C, sehingga sangat efektif untuk menangkal pengaruh negatif radikal bebas yang menimpa tubuh anda, di samping itu, kandungan vitamin C dan anti oksidan ini sangat efektif dan sangat dianjurkan pula untuk menangkal dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Membantu Peningkatan Kerja Organ Pencernaan

Meminum segelas perasan air jeruk nipis terbukti mampu meningkatkan efektifitas organ pencernaan di dalam tubuh, minumlah segelas air perasan jeruk nipis dan rasakan manfaat kelancaran pencernaan anda setiap hari.

Jeruk Purut

Jeruk jenis ini amat dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat terutama para ibu-ibu rumah tangga sebagai jeruk pengharum terutama untuk mengharumkan makanan, selaian fungsinya sebagai pengharum dan penyedap berbagai kudapan rumahan ternyata jeruk purut juga mempunyai manfaat lain yang ternyata special dan berguna bagi manusia, berikut ulasannya.

Mengatasi Flu

Terutama sebagai bahan pelega pernafasan, silahkan petik sebutir jeruk purut yang sudah agak tua atau sudah matang, peras dalam segelas air hangat sebanyak kurang lebih enam puluh cc, aduk beberapa saat lalu minum perlahan selagi hangat.

Efektif Untuk Masalah Kulit

Jika anda mengalami pengelupasan kulit, ambillah sebutir jeruk purut, setelah anda mengupasnya, gosokkan jeruk purut yang sudah anda kupas tadi ke bagian kulit anda yang mengelupas, lakukan dengan rutin setiap hari terutama di malam hari sebelum anda tidur.

Jeruk Bali

Satu lagi jenis jeruk istimewa yang manfaat kesehatannya jarang diketahui masyarakat, yaitu jeruk bali, jeruk ini dinamakan jeruk Bali bisa jadi karena memang banyak tumbuh dengan liar dalam jumlah yang banyak di pulau mungin Bali, berikut adalah ulasan tentang manfaat kesehatan untuk jeruk bali.

Untuk Kesehatan Gigi

Sama seperti jenis-jenis jeruk sebelumnya, jeruk bali juga mempunyai kandungan vitamin C yang sangat banyak sehingga para pakar kesehatan juga menganjurkan konsumsi jeruk bali yang intensif untuk mengatasi kesehatan dan gangguan kesehatan pada gigi dan gusi.

Kaki yang Kram

Kandungan kalium pada jeruk bali direkomndasikan untuk meminimalisir bahkan menghentikan secara total gangguan kesehatan berupa kram pada bagian kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar